REKAYASA PERANGKAT LUNAK SISTEM INFORMASI PERSEWAAN LAPANGAN BULUTANGKIS

 

Flowchart

Dalam sebuah aplikasi berupa website Sistem Informasi diperlukan sebuah flowchart. Flowchart sendiri merupakan diagram alur yang gunanya untuk menunjukkan proses jalannya identifikasi sistem aplikasi yang akan dibuat.

Admin

Gambar Flowchart Admin


Penjelasan :

Didalam flowchart diawali dengan “Start” yang berguna untuk memulai tahapan bagan alur dari suatu aplikasi. Pertama admin akan login dan kemudian akan memasukkan username dan password dengan benar. Setelah login sukses, maka program akan menampilkan halaman “konfirmasi Pembayaran”, dihalaman ini akan menampilkan data pelanggan yang melakukan booking lapangan. Jika pelanggan melanjutkan akan mendapatkan “kode booking” otomatis secara sistem, jika tidak maka selesai. Kemudian setelah pelanggan mendapatkan kode booking, admin akan menerima “bukti transfer” dari pelanggan dan selanjutnya admin akan memproses bahwa transaksi berhasil atau “sukses” dan selesai, jika sampai batas waktu yang ditentukan pelanggan tidak mentransfer, sistem secara otomatis akan membatalkan proses transaksi dan selesai.

 

User



Gambar Flowchart User

Penjelasan :

Didalam flowchart diawali dengan “Start” yang berguna untuk memulai tahapan bagan alur dari suatu aplikasi. Pertama user akan login dan kemudian akan memasukkan username dan password dengan benar. Setelah login sukses, maka program akan menampilkan halaman untuk “Pilih Lapangan”, dihalaman ini pelanggan memilih tanggal dan jam booking lapangan. Kemudian melakukan “Pesan” jika iya akan mendapatkan “kode booking” dan dilanjutkan dengan “Konfirmasi Pembayaran” dan melakukan transfer, setelah itu, mengirim “Bukti transfer” untuk konfirmasi pemesanan. Jika sampai batas waktu yang ditentukan tidak mentransfer, sistem secara otomatis akan membatalkan proses transaksi dan selesai.

DFD

DFD level 0

Diagram level 0 atau bisa juga diagram konteks adalah level diagram paling rendah yang mengambarkan bagaimana sistem berinteraksi dengan external entitas. Pada diagram konteks akan diberikan nomor untuk setiap proses yang berjalan, umumnya mulai dari angka 0 untuk start awal. Diagram konteks diatas juga terdiri dari dua entitas luar sebagai berikut:


Gambar Diagram DFD Level 0


Tabel Diagram DFD Level 0

Entitas Luar

Keterangan

User

Pelanggan melakukan pemesanan dengan memilih lapangan, jam, dan tanggal pemesanan untuk bisa menggunakan lapangan. User melakukan login terlebih dahulu untuk bisa mengakses Sistem Informasi tersebut.

Admin

Admin bertugas sebagai penyedia layanan Sistem Informasi Persewaan Lapangan Bulutangkis yakni admin disini juga dapat bertugas sebagai pengawas yang mana apabila user melakukan pemesanan otomatis admin akan mendapat laporan pemesanan dari user. Admin juga dapat melakukan login untuk dapat mengakses sistem tersebut.

DFD level 1

Berikut ini adalah gambar DFD level 1 (proses mengelola sistem penyewaan lapangan bulutangkis) baik oleh user maupun admin.



Gambar DFD Level 1

Penjelasan :

Data Flow Diagram (DFD) level 1 diatas merupakan gambaran secara detail dari sistem penyewaan lapangan bulutangkis secara umum. DFD tersebut merupakan alur kerja secara terstruktur, dimana untuk user : user jika ingin melakukan pesan lapangan maka sistem akan otomatis melakukan pemesanan secara terurut aplikasi ini terlebih dahulu login di sistem, jika belum punya akun disarankan membuat akun dan isi form registrasi. User disini sebagai pelanggan yang bisa melakukan pesanan dan melihat status pesanan. 

ERD

ERD (Entity Relationship Diagram) adalah suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi.

ERD untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol.


Gambar ERD

Penjelasan:

Dalam aplikasi ini terdapat entitas berupa pegawai, pelanggan, barang, pemesanan, dan pembayaran.

Tabel Tabel ERD

No.

Nama Etintas

Atribut

Keterangan

1

admin

id

nama

email

password

Primary Key

2

bayar

id_book

rek_kirim

rek_tujuan

status

bukti_bayar

 

3

harga

id_lap

hari

jam

harga

 

4

lapangan

id_lap

jenis_rumput

harga

no_lap

Primary Key

5

member

username_member

nama

tgl_lahir

jk

Primary Key

6

transaksi

id_book

username_member

id_lap

tgl_book

batas_bayar

tgl_main

jam_mulai

jam_berakhir

total_harga

status

Primary Key

 

UML (Use Case, Class Diagram, Sequence Diagram)

UML (Unified Modelling Language) adalah suatu metode dalam pemodelan secara visual yang digunakan sebagai sarana perancangan sistem berorientasi objek. UML juga dapat didefinisikan sebagai suatu bahasa standar visualisasi, perancangan, dan pendokumentasian sistem, atau dikenal juga sebagai bahasa standar penulisan blueprint sebuah software.

UML diharapkan mampu mempermudah pengembangan piranti lunak (RPL) serta memenuhi semua kebutuhan pengguna dengan efektif, lengkap, dan tepat. Hal itu termasuk faktor-faktor scalability, robustness, security, dan sebagainya.

Use Case

Use-case diagram merupakan model diagram UML yang digunakan untuk menggambarkan requirement fungsional yang diharapkan dari sebuah sistem. Usecase diagram adalah diagram usecase yang digunakan untuk menggambarkan secara ringkas siapa yang menggunakan sistem dan apa saja yang bisa dilakukannya.


Gambar Use Case


Penjelasan :

Admin terlebih dahulu melakukan login, setelah login admin bisa mengakses dan mengelola data pemesanan, data pemesanan masuk. pada use case yang berarti dimana pada kondisi ini sebuah use case adalah bagian dari use case lainnya. Sedangkan untuk “user”, user memulai dengan login, jika belum punya akun maka user harus registrasti akun terlebih dahulu. Setelah itu user masuk ke menu utama, user bisa memilih menu data lapangan, jadwal dan pembayaran.

Class Diagram

Class diagram adalah jenis diagram struktur statis dalam UML yang menggambarkan struktur sistem dengan menunjukkan sistem class, atributnya, metode, dan hubungan antar objek.

Class diagram disebut jenis diagram struktur karena menggambarkan apa yang harus ada dalam sistem yang dimodelkan dengan berbagai komponen.


Gambar Class Diagram

Squence Diagram

Sequence Diagram adalah suatu diagram yang menjelaskan interaksi objek dan menunjukkan (memberi tanda atau petunjuk) komunikasi diantara objek-objek tersebut. Sequence diagram digunakan untuk menjelaskan perilaku pada sebuah skenario dan menggambarkan bagaimana entitas dan sistem berinteraksi, termasuk pesan yang dipakai saat interaksi. Semua pesan digambbarkan dalam urutan pada eksekusi. Sequence Diagram berkaitan erat dengan Use Case Diagram.

Squence Diagram Login

Gambar Squence Diagram Login

Penjelasan :

Sequence Diagram login, menjelaskan alur program bagaimana admin dan user melakukan proses login.

Squence Diagram Transaksi


Gambar Squence Diagram Transaksi

 

Penjelasan :

Sequence Diagram transaksi, menjelaskan alur program bagaimana admin dan user melakukan proses transaksi.


Squence Diagram Data Transaksi


Gambar Squence Diagram Data Transaksi

 

Penjelasan :

Sequence Diagram data transaksi, menjelaskan alur program bagaimana admin memproses data transaksi dari pelanggan.


Squence Diagram Logout


Gambar Squence Diagram Logout

 

Penjelasan :

Sequence Diagram logout, menjelaskan alur program bagaimana admin dan user melakukan proses logout.




Komentar