REKAYASA PERANGKAT LUNAK SISTEM INFORMASI PERSEWAAN LAPANGAN BULUTANGKIS
Flowchart
Dalam
sebuah aplikasi berupa website Sistem Informasi diperlukan sebuah flowchart.
Flowchart sendiri merupakan diagram alur yang gunanya untuk menunjukkan proses
jalannya identifikasi sistem aplikasi yang akan dibuat.
Admin
Gambar Flowchart Admin
Penjelasan :
Didalam flowchart diawali dengan “Start”
yang berguna untuk memulai tahapan bagan alur dari suatu aplikasi. Pertama admin
akan login dan kemudian akan memasukkan username dan password dengan benar.
Setelah login sukses, maka program akan menampilkan halaman “konfirmasi
Pembayaran”, dihalaman ini akan menampilkan data pelanggan yang melakukan
booking lapangan. Jika pelanggan melanjutkan akan mendapatkan “kode booking”
otomatis secara sistem, jika tidak maka selesai. Kemudian setelah pelanggan
mendapatkan kode booking, admin akan menerima “bukti transfer” dari pelanggan
dan selanjutnya admin akan memproses bahwa transaksi berhasil atau “sukses” dan
selesai, jika sampai batas waktu yang ditentukan pelanggan tidak mentransfer,
sistem secara otomatis akan membatalkan proses transaksi dan selesai.
User
Gambar Flowchart User
Penjelasan :
Didalam flowchart diawali dengan “Start” yang berguna untuk memulai tahapan bagan alur dari suatu aplikasi. Pertama user akan login dan kemudian akan memasukkan username dan password dengan benar. Setelah login sukses, maka program akan menampilkan halaman untuk “Pilih Lapangan”, dihalaman ini pelanggan memilih tanggal dan jam booking lapangan. Kemudian melakukan “Pesan” jika iya akan mendapatkan “kode booking” dan dilanjutkan dengan “Konfirmasi Pembayaran” dan melakukan transfer, setelah itu, mengirim “Bukti transfer” untuk konfirmasi pemesanan. Jika sampai batas waktu yang ditentukan tidak mentransfer, sistem secara otomatis akan membatalkan proses transaksi dan selesai.
DFD
DFD level 0
Diagram
level 0 atau bisa juga diagram konteks adalah level diagram paling rendah yang
mengambarkan bagaimana sistem berinteraksi dengan external entitas. Pada
diagram konteks akan diberikan nomor untuk setiap proses yang berjalan, umumnya
mulai dari angka 0 untuk start awal. Diagram konteks diatas juga terdiri dari
dua entitas luar sebagai berikut:
Gambar Diagram DFD Level 0
Tabel Diagram DFD Level 0
Entitas Luar |
Keterangan |
User |
Pelanggan melakukan pemesanan dengan memilih lapangan, jam, dan
tanggal pemesanan untuk bisa menggunakan lapangan. User melakukan login
terlebih dahulu untuk bisa mengakses Sistem Informasi tersebut. |
Admin |
Admin bertugas sebagai penyedia layanan Sistem Informasi Persewaan
Lapangan Bulutangkis yakni admin disini juga dapat bertugas sebagai pengawas
yang mana apabila user melakukan pemesanan otomatis admin akan mendapat
laporan pemesanan dari user. Admin juga dapat melakukan login untuk dapat
mengakses sistem tersebut. |
DFD level 1
Berikut
ini adalah gambar DFD level 1 (proses mengelola sistem penyewaan lapangan
bulutangkis) baik oleh user maupun admin.
Gambar DFD Level 1
Penjelasan :
Data Flow Diagram (DFD) level 1 diatas merupakan gambaran secara detail dari sistem penyewaan lapangan bulutangkis secara umum. DFD tersebut merupakan alur kerja secara terstruktur, dimana untuk user : user jika ingin melakukan pesan lapangan maka sistem akan otomatis melakukan pemesanan secara terurut aplikasi ini terlebih dahulu login di sistem, jika belum punya akun disarankan membuat akun dan isi form registrasi. User disini sebagai pelanggan yang bisa melakukan pesanan dan melihat status pesanan.
ERD
ERD (Entity Relationship Diagram) adalah
suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan
objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi.
ERD untuk memodelkan struktur data dan
hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan
simbol.
Gambar ERD
Penjelasan:
Dalam
aplikasi ini terdapat entitas berupa pegawai, pelanggan, barang, pemesanan, dan
pembayaran.
Tabel Tabel ERD
No. |
Nama Etintas |
Atribut |
Keterangan |
1 |
admin |
id nama email password |
Primary Key |
2 |
bayar |
id_book rek_kirim rek_tujuan status bukti_bayar |
|
3 |
harga |
id_lap hari jam harga |
|
4 |
lapangan |
id_lap jenis_rumput harga no_lap |
Primary Key |
5 |
member |
username_member nama tgl_lahir jk |
Primary Key |
6 |
transaksi |
id_book username_member id_lap tgl_book batas_bayar tgl_main jam_mulai jam_berakhir total_harga status |
Primary Key |
UML
(Use Case, Class Diagram, Sequence Diagram)
UML (Unified Modelling Language) adalah
suatu metode dalam pemodelan secara visual yang digunakan sebagai sarana
perancangan sistem berorientasi objek. UML juga dapat didefinisikan sebagai
suatu bahasa standar visualisasi, perancangan, dan pendokumentasian sistem,
atau dikenal juga sebagai bahasa standar penulisan blueprint sebuah software.
UML diharapkan mampu mempermudah
pengembangan piranti lunak (RPL) serta memenuhi semua kebutuhan pengguna dengan
efektif, lengkap, dan tepat. Hal itu termasuk faktor-faktor scalability,
robustness, security, dan sebagainya.
Use
Case
Use-case diagram merupakan model diagram UML yang digunakan untuk menggambarkan requirement fungsional yang diharapkan dari sebuah sistem. Usecase diagram adalah diagram usecase yang digunakan untuk menggambarkan secara ringkas siapa yang menggunakan sistem dan apa saja yang bisa dilakukannya.
Gambar Use Case
Penjelasan
:
Admin terlebih dahulu melakukan login, setelah login admin bisa mengakses dan mengelola data pemesanan, data pemesanan masuk. pada use case yang berarti dimana pada kondisi ini sebuah use case adalah bagian dari use case lainnya. Sedangkan untuk “user”, user memulai dengan login, jika belum punya akun maka user harus registrasti akun terlebih dahulu. Setelah itu user masuk ke menu utama, user bisa memilih menu data lapangan, jadwal dan pembayaran.
Class
Diagram
Class diagram adalah jenis diagram
struktur statis dalam UML yang menggambarkan struktur sistem dengan menunjukkan
sistem class, atributnya, metode, dan hubungan antar objek.
Class diagram disebut jenis diagram
struktur karena menggambarkan apa yang harus ada dalam sistem yang dimodelkan
dengan berbagai komponen.
Gambar Class Diagram
Squence
Diagram
Sequence
Diagram adalah suatu diagram yang menjelaskan interaksi objek dan menunjukkan
(memberi tanda atau petunjuk) komunikasi diantara objek-objek tersebut.
Sequence diagram digunakan untuk menjelaskan perilaku pada sebuah skenario dan
menggambarkan bagaimana entitas dan sistem berinteraksi, termasuk pesan yang
dipakai saat interaksi. Semua pesan digambbarkan dalam urutan pada eksekusi.
Sequence Diagram berkaitan erat dengan Use Case Diagram.
Squence
Diagram Login
Penjelasan :
Sequence Diagram login, menjelaskan alur program bagaimana admin dan user melakukan proses login.
Squence Diagram Transaksi
Gambar Squence Diagram Transaksi
Penjelasan :
Sequence Diagram transaksi, menjelaskan alur program bagaimana admin dan user melakukan proses transaksi.
Squence Diagram Data Transaksi
Gambar Squence Diagram Data Transaksi
Penjelasan :
Sequence Diagram data transaksi, menjelaskan alur program bagaimana admin memproses data transaksi dari pelanggan.
Squence Diagram Logout
Gambar Squence Diagram Logout
Penjelasan :
Sequence Diagram logout, menjelaskan alur program bagaimana admin dan user melakukan proses logout.
Komentar
Posting Komentar